RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

I. IDENTITAS MATA PELAJARAN

1. Mata Pelajaran : MATEMATIKA

2. Pokok Bahasan : Menentukan nilai fungsi

3. Sub Pokok Bahasan : – Menghitung nilai fungsi

Menentukan bentuk fungsi, jika nilai dan data fungsi diketahui

4. Kelas/ Semester : VIII/ Ganjil

5. Aspek : Keaktifan

6. Alokasi Waktu : 2 X 30 Menit ( 1 X Pertemuan )

II. STANDART KOMPETENSI

Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

III. KOMPETENSI DASAR

Menentukan nilai fungsi

IV. INDIKATOR PEMBELAJARAN

a. Menghitung nilai fungsi

b. Menentukan bentuk fungsi, jika nilai dan data fungsi diketahui

V. METODE PEMBELAJARAN

a. Ceramah

b. Tanya jawab/ Diskusi

c. Menggunakan pendekatan pembelajaran Probing Prompting

d. Penugasan

VI. TUJUAN PEMBELAJARAN

a. Mengenalkan pada siswa tentang nilai fungsi dan bentuk fungsi

b. Mengajarkan siswa untuk menentukan nilai dan bentuk fungsi

c. Mengajarkan siswa untuk memacahkan masalah yang berkaitan dengan nilai dan bentuk fungsi

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Pendahuluan

Guru mengawali pertemuan dengan salam dan doa setelah itu melakukan absensi kepada siswa sambil memberikan motivasi belajar kepada siswa. Sebelum masuk pada inti materi guru terlebih dahulu menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa dan memeriksa pemahaman siswa tentang menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dan menyatakan dalm bentuk notasi, dengan memberikan soal-soal yang diberikan, setelah itu diharapkan siswa lebih siap untuk mempelajari cara menghitung nilai fungsi dan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.

b. Inti Pembelajaran

Guru menjelaskan mengenai materi yang di ajarkan kepada siswa yaitu mempelajari cara menghitung nilai fungsi dan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui sambil melakukan tanya jawab dengan siswa, dan memberikan contoh kepada siswa tentang cara menentukan kedudukan dua garis lurus. Setelah itu guru meminta siswa untuk melakukan diskusi dengan mengerjakan soal yang telah diberikan.

c. Penutup

Guru bersama-sama siswa mereview kembali materi yang sudah dibahas dan diajarkan dan memberi penugasan. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.

VIII. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN

a. Sumber

· Buku Paket: Erlangga

· LKS

Pakar Matematika SMP Kelas VIII

b. Media

Papan Tulis (white board) dan Spidol.

IX. RINGKASAN MATERI

1. Fungsi atau pemetaan dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi dari himpunan A ke himpunan B, dimana setiap anggota himpunan A menghubungi tepat satu anggota himpunan B

· Jika ada anggota A yang menghubungi lebih dari satu anggota himpunan B, bukan fungsi

· Jika ada anggota A yang tidak menghubungi anggota B juga bukan fungsi.

2. Suatu fungsi diberi nama

Contoh:

f : x 2x + 3 ( dibaca fungsi f memetkan ke 2x + 3)

notasi fungsinya ( rumus fungsinya)

f (x) = 2x + 3

Nama fungsinya adalah fungsi f.

Misal :

Diketahui fungsi g notasinya g(x) = ax – 5, bayangan dari 3 adalah 7. Tentukan bayangan dari 8?

Jawab:

g(x) = ax – 5

Bayangan dari 3 adalah 7

g(3) = a.3 – 5 = 7

3.a – 5 = 7

3a = 7 +5

3a = 12

a = 4

Notasi fungsi g adalah g(x) = 4x – 5

Bayangan dari 8 adalah g(8)= 4.8 – 5 = 27

X. PENILAIAN

a. Aspek yang dinilai :

1. Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab

2. Tugas Individu

3. Kognitif

b. Bentuk Soal : Uraian

INSTRUMEN

A. Soal Pretest

Berilah contoh relasi antara 2 himpunan yang termasuk fungsi, dan contoh yang bukan fungsi. Masing-masing contoh berilah penjelasannnya???

B. Soal Postest

1. Diketahui g(x) = 3x-2 daerah asalnya <!–[if supportFields]> QUOTE <![endif]–><!–[if supportFields]><![endif]–> bilangan bulat}

a. Tentukan domain dan range fungsi g

b. Gambarlah diagram cartesiusnya dari fungsi g

2. Pada fungsi f dengan notasi f(x) = 5x + b, diketahui bayangan dari 2 adalah 8. Tentukan bayangan dari:

a. 4

b. 7

c. 10

Boyolali, 20 Agustus 2010

Guru Pamong PPL

Tulus Raharjo, S.Pd Titik Purwati

NIP: 196503072000121003