Dalam ilmu fisika,  bahwa semua yang ada di alam semesta ini adalah sebagai materi dan energi. Materi didefinisiskan segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Sedangkan yang dimaksud energi adalah sesuatu yang dikandung oleh materi. Energi yang terdapat di alam ini bersifat kekal, tidak hilang tetapi hanya berubah bentuk.

Misalnya, dari energi panas berubah menjadi energi mekanik (gerakan baling-baling pada turbin ), energi mekanik berubah menjadi energi listrik (gerakan turbin dialirkan ke dinamo), energi listrik berubah menjadi energi cahaya (aliran listrik dapat memijarkan lampu).

1. Pembangunan Tenaga Listrik

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pada prinsipnya mengubah tenaga potensial air yang dialirkan ke bawah 100M, menjadi tenaga mekanik sehingga dapat memutar turbin yang kemudian dapat memutar getaran (mesin pembangkit tenaga listrik), tegangan listrik yang dihasilkan selanjutnya diturunkan oleh suatu transformator. Biasanya PLTA ini disebut pada bendungan yang airnya keluar dari turbin masih dapat dimanfaatkan untuk irigasi.

Sedangkan PLTD pada prinsipnya juga hampir sama dengan PLTA, hanya penggerak turbin diambil dari energi disel, sedang energi disel diambil dari energi kimia dari minyak solar.

PLTN (Pembangkit Listirk Tenaga Nuklir), pada prinsipnya perubahan tenaga yang terikat inti atom yang berupa energi mekanik, kemudian menjadi energi listrik. Biasanya energi panas yang keluar dari inti atom diserap oleh cairan penyerap panas dalam raktor atom, kemudian dialirkan dalam air sehingga air mendidih dan menguap, uap air ini untuk menggerakkan turbin uap air lalu menggerakkan ghenerator ke trnsformator baru untuk konsumen (Margono,1984).

2. Mesin-mesin

Mesin adalah alat yang penting untuk penunjang kehidupan manusia, diantaranya :

  • Mesin bakar, pada prinsipnya mencampur udara dengan bahan bakar dengan bantuan percikan api dari busi
  • Mesin disel, pada prinsipnya sama dengan mesin bakar, hanya tidak menggunakan api dari busi akan tetapi dengan menampatkan udara sehingga temperatur tinggi.
  • Mesin jet dan roket, pada prinsipnya menginjeksi bahan bakar dan udara ke dalam silinder (tabung pembakar) sehingga terbentuk gas dengan temperatur tinggi.

3. Komputer

Kelebihan dari teknologi komputer dibanding produk teknologi lain :

  • Kemampuannya untuk dapat diprogram guna melakukan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi.
  • Kecepatan perkembangan teknologinya.

Bidang pekerjaan lainnya juga mulai terpengaruh seperti terlihat pada beberapa contoh berikut:

  1. Penyiapan surat menyurat sampai penyiapan arsipnya di kantor dilakukan dengan menggunakan komputer.
  2. Penggunaan komputer dalam bidang animasi.
  3. Pemanfaatan komputer diperpustakaan.
  4. Penggunaan komputer di rumah-rumah sakit.
  5. Pengendalian lintas udara.
  6. Penggunaan komputer di bidang industri.

4. Nuklir

Teknologi nuklir dapat dimanfaatkan misalnya :

  1. Teknologi nuklir untuk industri pangan, industri tekstil, industri pengawetan makanan.
  2. Teknologi nuklir untuk kesehatan umumnya digunakan sinar radioaktif berumur pendek, dapat menentukan lokasi tumor/ kanker, dapat digunakan untuk proses pembedahan,dsb.
  3. Teknologi nuklir untuk industri radiografi, misalnya untuk mengetahui letak kerekatan pada sambungan pipa yang berada di dalam tanah/ bangunan, dengan bantuan sinar radioaktif akan dapat diketahui dengan mudah dan segera.
  4. Teknologi nuklir untuk hidrologi, sinar radioaktif ini dapat digunakan untuk mendeteksi kecepatan air mengalir.
  5. Teknologi nuklir untuk studi terhadap pencemaran.

5. Komunikasi

Penemuan IPA tentang komunikasi sudah demikian pesat, sehingga informasi apapun di belahan bumi manapun dapat dinikmati dengan cepat oleh orang lain di bagian , telepon (seluler), radiuo(pager), cinema (CD, VCD, dll.